Minggu, 27 November 2016

Cara Backup & Restore Nomor HP (Kontak) di Android Tanpa Aplikasi

Cara Backup & Restore Nomor HP (Kontak) di Android Tanpa Aplikasi  – Seiring berjalannya waktu kemudahan dalam menggunakan perangkat elektronik kian canggih. Apalagi dalam menyimpan data kita.

Biasanya jika musibah melanda seperti kehilangan kartu SIM atau bahkan smartphone (semoga tidak akan hehe), anda akan menyesalkannya dan juga nomor HP yang ada didalam perangkat yang hilang. Nah kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara backup maupun restore nomor HP di Android.

Cara Backup & Restore Nomor HP (Kontak) di Android

Cara Backup Nomor HP

Caranya mudah sekali, silakan buka kontak pada HP Android kamu. Kemudian temukan “Kelola Kontak”.

Setelah itu pilih “Impor/Ekspor” kontak.

Cara Backup & Restore Nomor HP (Kontak) di Android


Selanjutnya pilih “Ekspor ke Penyimpanan”. Maka nanti akan muncul pilihan dari mana sumber nomor HP yang akan di backup. Saran saya pilih “Semua Kontak”. Nantinya semua kontak baik di email, nomor HP di semua slot SIM akan ter-backup.

Cara Backup & Restore Nomor HP (Kontak) di Android

Selanjutnya akan muncul lagi, silakan pilih “Oke” tunggu prosesnya, maka kontak / nomor HP anda akan disimpan. Backup nomor HP / kontak anda akan tersimpan di memori telepon dengan format .VCF

Tips agar lebih aman, silakan upload file tersebut dan Google Drive atau penyimpanan online lainnya. Karena nanti anda bisa mengambil kembali file itu ketika hilang.

Cara Restore (Memulihkan) Nomor Hp

Kebalikan dari backup yaitu restore atau pemulihan. Disini kita memanfaatkan file VCF tadi yang pernah anda backup selanjutnya. Caranya hampir sama seperti backup, yaitu:

Pergi ke kontak yang ada di smartphone android kamu, langsung saja temukan “Kelola kontak”.

Setelah itu pilih “Impor / Ekspor Kontak”. Kemudian nanti akan muncul pilihan tempat penyimpanan .VCF anda yang pernah di backup dulu.

Nah, jika anda menyimpan file .VCF anda di memori telepon / kartu memori, pilih saja “Perangkat”.

Cara Backup & Restore Nomor HP (Kontak) di Android


Maka nanti sistem akan mencari file tersebut. Setelah ketemu, maka nanti akan ada pilihan. Tergantung mana yang kamu pilih, setelah dipilih mana nanti nomor HP / kontak pada android anda akan dipulihkan.

Cara Backup & Restore Nomor HP (Kontak) di Android


Nah itulah Cara Backup & Restore Nomor HP (Kontak) di Android yang sebelumnya sudah saya test di smartphone android saya. 
 
 
Power by Blogger
edited by Pahompu, Burangir and danforblogg